Selasa, 30 April 2013

sejarah my kampus STIKes MERCUBAKTIJAYA PADANG :)

Sejarah Singkat STIKes MERCUBAKTIJAYA Padang

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) MERCUBAKTIJAYA Padang merupakan institusi pendidikan tenaga kesehatan yang diselenggarakan oleh Yayasan MERCUBAKTIJYA Padang. Yayasan ini didirikan pada tahun 1992 dengan Akta Notaris Hendri Final, SH dengan NO. 14 tanggal 31 Desember 1992. Nama MERCUBAKTIJAYA itu sendiri merupakan singkatan dari nama-nama pendiri dari yayasan tersebut yaitu :
• H. Muslim, SKM
• Hj. Elmiyasna K., SKp, MM
• H. Rustam Effendi, SH
• Chairun, BSc, S.Pd
• Hj. Ulvi Mariati, S.Kp, M.Kes
• Dr. H. Bachtiar Karatu, SKM
• Jasmarizal, SKp, MARS
• Dr. Anandia Yuska
STIKes MERCUBAKITIJAYA Padang terletak di Jalan Jamal Jamil Pondok Kopi Siteba Padang.
Pada awalnya, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan pendidikan tinggi di bidang kesehatan, maka mulai tahun akademik 1993-1994 Yayasan MERCUBAKTIJAYA Padang menyelenggarakan Pendidikan Diploma III Keperawatan dengan didirikannya Akademi Perawatan MERCUBAKTIJAYA Padang dengan dasar Surat Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 00.06.1.1.1819 tanggal 21 Mei 1993.
Kampus pertama Akper MERCUBAKTIJAYA Padang berlokasi di Jl.Sudirman Padang dengan Direktur Hj.Ulvi Mariati, SKp. Tahun 1993-1999. Selanjutnya sesuai dengan situasi saat itu akhirnya kampus pindah ke jalan Sawahan Padang. Pada tahun 1998, Akper MERCUBAKTIJAYA Padang pindah ke kampus milik sendiri di jl. Jamal-jamil Pondok Kopi Siteba Padang dengan kampus berlantai II. Adapun Direktur Akper berikutnya adalah Bpk Jasmarizal, SKp,MARS. Tahun 1999 – 2003 dan dilanjutkan dengan PLT ibuk Miftahul Magfirah.SKp sampai 2005.
Seiring dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat akan pendidikan kesehatan khususnya pendidikan tenaga bidan, maka pada tahun akademik 2001-2002 Yayasan MERCUBAKTIJAYA Padang ikut berkonstribusi dalam memenuhi kebutuhan tersebut dengan penyelenggarakan pendidikan Diploma III Kebidanan dengan mendirikan Akademi Kebidanan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. HK.00.SJ.SK.VIII.1170 tanggal 16 Oktober 2001 dan diperkuat dengan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 55/D/0/2002. Dengan direktur pertama adalah ibu Laili Nikmah, SSiT beserta pembantu direktur ibu Sujiatini dan kemudian dilanjutkan oleh ibu Dra Hj.Warnetty.
Sesuai dengan tuntutan kualifikasi pendidikan tenaga kesehatan yang lebih mengarah kepada tenaga yang lebih profesional, maka Yayasan MERCUBAKTIJAYA Padang perlu mengembangkan institusi pendidikan yang ada dibawah naungan Yayasan MERCUBAKTIJAYA Padang. Hal ini direalisasikan dengan melakukan perubahan bentuk dari Akademi Keperawatan dan Akademi Kebidanan menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) MERCUBAKTIJAYA Padang yang berada dalam lingkup pembinaan Koordinator PerguruanTinggi Swasta (Kopertis) wilayah X Sumbar, Riau, Jambi dan Kepri yang dikuatkan dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 195/D/O/2005. Terdiri dari 2 (dua) Jurusan yaitu Jurusan Kebidanan yang membawahi Program Studi Diploma III Kebidanan dan Jurusan Keperawatan yang membawahi Program Studi Diploma III Keperawatan dan Program Studi Strata 1 Keperawatan. Dengan Ketua STIKes Dr. H. Bachtiar Karatu, SKM. Dari tahun 2005 s/2007 dan dilanjutkkan oleh ibuk Hj Elmiyasna SKP, MM sampai tahun 2012. Saat ini Stikes MERCUBAKTIJAYA Padang telah memiliki 4 Prodi, yaitu, Prosi D III Keperawata, Prodi D III Kebidanan, Prodi S1 Keperawatan dan Profesi
Dalam sejarah perjalanan Stikes MERCUBAKTIJAYA selanjutnya Stikes MERCUBAKTIJA YA selalu berbenah diri dengan meningkatkan kwalitas Sumber Daya Manusia serta sarana prasarana guna menunjang proses Belajar Mengajar, sehingga nantinya menghasilkan insan-insan yang profesional. Upaya tersebut dengan menyekolahkan para dosen kejenjang pendidikan lebih tinggi baik S1 maupun S2. Untuk sarana prasarana dengan menambah kelengkapan kebutuhan laboratorium, lab komputer, koleksi buku pustaka, dan media pembelajaran berupa LCD serta penambanan lokal belajar dan ruangan serbaguna .
Sebagai wujud nyata dalam Tri Darma Perguruan Tinggi Stikes mercuktijaya Padang telah melaksanakan banyak kegiatan yang bersifat Akademik, berupa Seminar seminar baik yang bertarah Nasional maupun Internasional, sedangkan yang bersifat Pengabdian masyarakat berupa bimbingan dan Praktek Kerja Lapangan mahasiswa Stikes MERCUBAKTIJAYA di wilayah Kec Nanggalo, tepatnya di setiap Kelurahan.
Dalam rangka mengembangkan kreatifitas mahasiswa dikampus, pihak kampus juga telah menyiapkan sarana olah raga, kesenian, berupa alat musik serta lapangan olah raga, sehingga setiap minggu terakhir setiap bulanya dilaksanakan hari krida yang diikuti oleh seluruh mahasiswa , seluruh staf dan karyawan. Disamping itu para mahasiswa juga mengadakan beberapa kegiatan akademis dan kegiatan lomba-lomba yang diikuti oleh pihak luar.
Untuk menjamin legalitas operasional penyelenggaraan pendidikan tinggi, STIKes MERCUBAKTIJAYA Padang sudah mendapatkan perpanjangan izin dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional untuk masing-masing program studi. Perpanjangan izin penyelenggaraan program studi D-III Keperawatan dengan Surat Keputusan nomor 4112/D/T/2008. Perpanjangan izin penyelenggaraan program studi D-III Kebidanan dengan Surat Keputusan nomor 4113/D/T/2008. Sedangkan Perpanjangan izin penyelenggaraan .
Komitmen STIKes MERCUBAKTIJAYA Padang untuk terus berupaya meningkatkan kualitas penyelenggaran pendidikan dapat diperlihatkan dengan telah terakreditasinya ketiga Program Studi di STIKes MERCUBAKTIJAYA Padang oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Departemen Pendidikan Nasional. Status Akreditasi Program Studi D-III Keperawatan dinyatakan dengan SK nomor 001/BAN-PT/Ak-IX/Dpl-III/IV/2009. Dan status Akreditasi Program Studi D-III Kebidanan dinyatakan dengan SK nomor 003/BAN-PT/Ak-IX/Dpl-III/IV/2009. Sedangkan status Akreditasi Program Studi S-I Keperawatan dinyatakan dengan SK nomor 0015/BAN-PT/Ak-XX/S1/VI/2009
A. Visi STIKes MERCUBAKTIJAYA Padang
Pusat pendidikan tinggi yang menghasilkan tenaga kesehatan yang berakhlak dan kompetitif
B. Misi STIKes MERCUBAKTIJAYA Padang
1. Menyiapkan tenaga kesehatan yang beriman, bertaqwa, cerdas dan kompetitif
2. Menyelenggarakan program pendidikan yang profesional
3. Membentuk tenaga kesehatan yang memiliki komitmen yang tinggi terhadap lingkungan sosial dan masyarakat
4. Mengembangkan penelitian di bidang kesehatan
5. Membentuk kerjasama antar institusi di dalam dan luar negeri dalam memenuhi kepentingan bersama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar