Senin, 02 September 2013

role play hiperemesis gravidarum :)

Sepasang suami istri datang ke bidan praktek swasta pada tanggal 9 juni 2012 jam 09.00 pagi
Nyonya G         : (datang ke BPS)
                        “Assalammu’alaikum wr.wb”
Bidan S             : “Walaikumsalam, selamat pagi bu ( sambil menjemput ibu)
silahkan masuk”
Nyonya G         : (masuk)
Bidan S                        : “silahkan duduk ibu,oya nama ibu siapa ?”
Nyonya G         : “Guminten buk …”
Bidan S                        : “Saya panggil ibuk atau guminten”
Nyonya G         : “ibuk aja buk bidan”
Bidan S                        : “Ibuk ada apa datang kesini ? ada yang bisa saya bantu buk ?”
Nyonya G         : “Iya buk, kemaren kan saya dirawat 2 minggu karena mual dan muntah yang berlebihan sekarang kondisi saya,sudah hampir baik,kemudian dokter memperbolehkan saya pulang tapi dokter menyarankan untuk control ke bidan buk.”
Bidan S                        : “Oooo… iya buk saya perhatikan juga ibuk lemah, dan ada rasa-rasa ingin muntah, ya buk yaa ?”
Nyonya G         : ”iya buk apalagi kalau pagi hari, itu lebih parah daripada siang dan malam hari mualnya.”
Bidan S            : “saya dengan senang hati akan membantu ibuk, (dengan tersenyum). Ibuk pagi harinya itu mual dan muntah nya karena apa ?”
Nyonya G         : “Iya buk bidan. Sayakan biasanya bangun tidur langsung kekamar mandi,langsung gosok gigi. Setelah itu nanti kalau saya makan apa saja, apa saja la buk bidan lontong, nasi , atau roti itu langsung akan terasa pengen muntah.”
Bidan S                        : ( mendengarkan dengan tersenyum )” iya buk , apalagi buk ?”
Nyonya G         : “itu juga buk bidan, saya tidak suka dengan bau-bau parfum apalagi parfum suami saya”
Bidan S            : “yaa.. saya sudah mengerti dengan keluhan ibuk, pagi hari pas bangun tidur kan biasanya ibuk langsung gosok gigi, iya kan buk ?”
Nyonya G         :” Iyaa buk,”
Bidan S            :  “jadi seharusnya kalau bangun tidur jangan langsung gosok gigi dulu, karna kalau ibuk gosok gigi terjadi penolakan dari lambung ibuk, sehingga ibuk merasa mual terus.”
Nyonya G         : (mangangguk dan menunjukkan kalau dia mengerti)
Bidan S            : (melanjutkan) “terus ditambah dengan ibu minum dulu dengan sepotong roti kering atau makan sedikit dulu baru ibu gosok gigi, insyaAllah perut ibu jadi lebih nyaman buk”
Nyonya G         : “ooo… gitu yaa buk, selama ini saya ga tau buk bidan”
Bidan S            : “iyaa buk, sekarang ibuk sudah tau, segera praktekkan dan mudah-mudahan mual dan muntahnya gak ada lagi”
Nyonya G         : “amiinnn buk. . . .”
Bidan S                        : “Nanti kalau ibuk datang kesini jangan pucat-pucat lagi ya buk . . .”
Nyonya G         : (sambil tertawa) “iyaaa buk . . “
Bidan S            : “ada yang mau ibu tanyakan lagi buk ? atau ibuk kurang paham dengan yang saya jelaskan tadi buk ?”
Nyonya G         : “saya sudah paham buk, saya makan dulu pagi hari baru gosok gigi”
Bidan S            : “iyaaaa buk nanti kalau ada apa-apa lagi atau ada keluhan jangan sungkan-sungkan untuk datang kesini”
Nyonya G         : “makasih yaa buk , saya permisi dulu yaa buk . . soalnya suami saya mau pergi kerja buk…”
Bidan S            : “oo.. iyaa iyaa.. iyaaa buk, terimakasih atas kunjungan nya ya buk , ,”(sambil bersalaman)
Nyonya G         : “saya buk yang seharusnya berterima kasih”
Bidan S                        : (mengantar ibuk sampai pintu )

1 komentar:

  1. ini laporan kasus ya mbak? play role yang sangat bermanfaat. keep posting ya mbak

    BalasHapus